Statistik

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui” (QS.2:216)


‘Trial and Error’ ‘Trial and Error’ ‘Trial and Error’

‘Mencoba dan Gagal’ ‘Mencoba dan Gagal’ ‘Mencoba dan Gagal’

Suatu saat kegagalan itu akan Bosan menghampiri, Percaya deh,

Jangan Pikirkan apapun perkataan orang, justru dengan perkataan-perkataan yang dilontarkan orang kepadamu akan membuat motivasi dan tekad yang kuat untuk melebihi orang itu.


Mari berkenalan dengan Ilmu Statistika

Tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari, sesungguhnya kita telah banyak memakai statistik walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana, baik dirumah, dikantor, ataupun ditempat lainnya,

Pemerintah menggunakan Statistik untuk menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara [APBN] yang didasarkan pada hasil perhitungan statistik seperti nilai tukar rupiah terhadap nilai dolar Amerika, nilai ekspor, harga minyak, tingkat inflasi, nilai investasi, dan pertumbuhan ekonomi.

statistika

Dalam hal ini, perhitungan statistik merupakan suatu prediksi (perkiraan) yang berdasarkan penilaian indikator ekonomi pada tahun sebelumnya. Pemimpin suatu perusahaan sering harus memakai statistic untuk mengambil kebijakan mengenai jumlah barang yang harus diproduksi, cara untuk mendistribusikan dan strategi untuk memasarkan produk baru. Singkatnya Statistik sesungguhnya sudah menjadi bagian dari hidup kita, ada disekitar kita, dan banyak membantu dalam mengambil keputusan secara teliti dan cermat, statistic juga telah mengubah cara kerja manusia dari yang bersifat tradisional ke yang bersifat rasional ilmiah.

Bagi mahasiswa, mata kuliah statistika sangat penting karena akan sangat berguna untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan data ketika menyusun skripsi, thesis ataupun disertasi.


Sebagai suatu ilmu, statistika merupakan salah satu cabang ilmu matematika terapan. Oleh karenanya diperlukan pemahaman ilmu matematika untuk dapat memahami ilmu statistic.

Dinegara-negara maju [Amerika, Eropa, Jepang] ilmus statistika telah sejak lama berkembang dengan pesat sejalan dengan kemajuan ekonomi dan teknik. Bahkan kemajuan suatu Negara ditentukan dengan sejauh mana Negara itu dapat menerapkan ilmu statistica dalam memecahkan masalah-masalah pembangunan dan perencanaan pembangunan.


Keberhasilah Jepang dalam menerapkan ilmu statistika terutama ilmu probabilitas sangat Nampak dalam mendesain dan memsarkan produk-produknya. Kini statistika telah menjadi bagian hidup dari masyarakat jepang.

Kita di Indonesia boleh dikatakan kurang beruntung dalam hal kemajuan ilmu statistika, kita belum berhasil menjadikan statistika menjadi bagian hidup dan budaya masyarakat.

Apakah keadaan ini akan terus kita biarkan sehingga kita akan menjadi bangsa yang ketinggalan jauhhh dalam penguasaan dan penerapan ilmus statistika dibanding dengan Negara lainnnya ??? jika kita MAU belajar dari bangsa-bangsa lain yang karena kemajuan ilmu statistikanya tinggi dapaat memberikan sumbangan yang besar dalam menentukan kemajuan diberbagai bidang kehidupan, maka jawabannya tentu TIDAK.


Statistik : kumpulan data dalam bentuk angka maupun bukan angka yang disusun dalam bentuk table (daftar) dan atau diagram yang menggambarkan  [berkaitan] dengan suatu masalah tertentu

Statistika : pengetahuan yang berkaitan dengan metode, teknik, atau cara untuk mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan atau menginterprestasikan data.

Prospek Lulusan Program Studi Statistika

Sebelum menentukan pilihan dalam melanjutkan pendidikan, sebagai pertimbangan yang sangat mendasar selain untuk mendapatkan ilmu, memilih program studi sebagai pilihan tidak terlepas dari kataProspek Lulusan KedepannyaBagaimana Prospek kerja jurusan statistika ? Yaa itu adalah hal yang sangat sering dipertanyakan oleh orang lain kepada kita, Setelah lulus kuliah kamu kerjanya dimana ? mudah jawabannya memang bagi teman-teman yang kuliah dijurusan yang sudah terkenal spt kedokteran, farmasi, teknik arsitek dsb. 

Namun bagi syang akan dan sedang menempuh pendidikan S1 Statistika di Universitas  hampir setiap orang yang saya temui dan bertanya macam-macam, Setelah lulus jurusan Statistika itu kerja apa sih,,, dimana,,, dsb,,,, Wajarlah, karena ilmu yang dipelajari di Program Studi ini bisa dibilang special, karena program ini merupakan turunan dari ilmu matematika yang membahas tehnik pengorganisasian data agar data tersebut dapat “dibaca” dan dipergunakan untuk perkembangan berbagi bidang.


Nah, Jika saya ditanya seperti ituu apa jawabannya? Saat baru ditanya sih terus terang saya bingung juga hee, tapi setelah saya mulai mengenal lebih dekaat tentang Statistika ituu dan bertanya juga kepada Mbach Google, jawabannya begini, Disemua bidang Statistika dibutuhkan, mulai dari BPS, Lembaga Penelitian, Pendidikan, Perusahaan dan lain sebagainya, Sarjana Statistika dapat menempati posisi Peneliti, CEO serta staff pada bagian Electronic Data Processing, System Analyst, Quality Control, Planning, Controlling and Production, dll. pada berbagai bidang diantaranya:

  1. Lembaga pemerintahan (Depdagri, Diknas, Depkeu, Dephan dll). Sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang statistik untuk menunjang kebijakan pemerintah dan mempermudah proses kebijakan. Subjek statistik sangat banyak dan bervariatif, dari mulai menghitung jumlah usaha kecil yang biasa dilakukan Departemen Pedagangan, menghitung indeks pembangunan manusia oleh BPS, mengukur keberhasilan program KB oleh BKKBN, dan sebagainya.  
  2. Sektor industri/jasa keuangan (perbankan, asuransi, bursa saham, BUMN). Dalam sector ini Fungsi ilmu statistik juga cukup besar, ex: untuk mengukur berapa jumlah kredit dan investasi yang bisa dikucurkan oleh bank, berapa jumlah penabung jika dilihat dari skala usia, dsb.
  3. Industri strategis (PT. PAL, PT.KAI, PT.PLN, PT.GAS, dll)
  4.  Bidang industri perangkat lunak dan komputer (perancangan sistem,programming, desain grafis, dll). Lulusan statistik dapat bekerja sebagai programmer yang membuat program penghitungan statistika,  mengembangkan statistika eksperimental dan empirik dengan menggunakan software  tertentu.
  5. Bidang industry Penerbitan dan Percetakan.
  6. Industri telekomunikasi (telematika, Telkom)
  7. Industri pengolahan data dan informasi (BPS, LSI, Barometer, LRI, dll). Pengolahan data menjadi sarana perusahaan dan organisasi untuk memajukan usahanya. Tetapi saat ini banyak perusahaan dan organisasi yang memberlakukan sistem outsourcing untuk menganalisa data, maka industri pengolahan data sangat tepat menjadi salah satu alternatif pekerjaan.
  8. Bidang riset dan pengembangan (LIPI, BATAN, LAPAN, BPPR, Marketing Riset Informasi, dll)
  9. Bidang akademik, sebagai dosen di PTN dan PTS terkemuka.

Bagi lulusan yang ingin terus mengembangkan keilmuan, maka menjadi pengajar atau praktisi pendidikan akan menjadi tempat yang tepat…


Nah berikut ini Beberapa lapangan kerja lulusan statistika yang saya kutip dari Brosur Statistika UII :

  1.  Badan Koordinasi Penanaman Modal [Data analyst]  www.bkpm.go.id
  2. Badan Pusan Statisti www.bps.go.id
  3. Bank Indonesia www.bi.go.id
  4. Bank Rakyat Indonesia www.bri.go.id 
  5. Bank Negara Indonesiawww.bni45.go.id 
  6. Badan Metereologi Geofisikawww.bmg.go.id 
  7. Badan Pengawas Teknologi Nuklirwww.bapeten.go.id 
  8. Badan Narkotika Nasionalwww.bnn.go.id 
  9. Kementrian Agama www.depag.go.id 
  10. Kementrian dalam Negeriwww.depdagri.go.id 
  11. Kementrian Kehutananwww.dephut.go.id 
  12. Kementrian Keuanganwww.depkeu.go.id 
  13. Kementrian Komunikasi & Informatikawww.postel.dekominfo.go.id 
  14. Kementrian Perdaganganwww.depdag.go.id 
  15. Kementrian Perhubunganwww.dephub.go.id 
  16. Kementrian Perindustrianwww.deprin.go.id 
  17. Kementrian Sosial  www.depsos.go.id 
  18. Kementrian Tenaga Kerja & Transmigrasiwww.depnakertrans.go.id 
  19. Kementrian Sekretaris Negarawww.setneg.go.id 
  20. Kementrian Negara Riset & Technologywww.ristek.go.id 
  21. Komisi Pemilihan Umumwww.kpu.go.id 
  22. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan www.depdiknas.go.id 
  23. PT. Jasamarga www.jasamarga.com 
  24. PT. Asuransi Kesehatan Indonesiawww.ptaskes.com 
  25. PT. Pertamina www.pertamina.com 
  26. PT. Pharos
  27. PT. Marketing  Riset Indonesia
  28. PT. Sisnar Sosro
  29. PT. Telkom 
  30. Pemerintah Provinsi 
  31. Pemerintah Daerah 
  32. Pemerintah Kota 
  33. BAPPEDA
  34. PPPTK
  35. Dinas Kesehatan
  36. Dinas Kependudukan dan Sipil
  37. Jamsostek
  38. PTN / PTS / Akademi


Di sekitar kita banyak sekali kebutuhan akan data yang harus diolah dan disajikan dalam bentuk analisa yang berguna bagi kemajuan bahkan peramalan keadaan masa depan. Untuk itulah ilmu statistika hadir untuk berperan sebagai sarana pembangunan terutama bidang Pemerintahan, Ekonomi dan Sosial.


Sekarang bagaimana, teman-teman semua sudah sidikit memahami apa ilmua statistika itu ?

Silahkan tentukan pilihan anda dalam menentuka Prodi mulai sekarang.

Saya juga punya tulisan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan kawan-kawan dalam memilih jurusan, terutama bagi yang ingin mengenyam pendidikan di jurusan statistika.
Silahkan bisa dibaca: Pekerjaan Berprospek di Masa Depan adalah Orang Jurusan Statistika
Jadi Jangan Ragu, Tentukan Pilihanmu Sekarang juga 😀

Semoga bermanfaat.

Advertisements

One Comment Add yours

  1. suliah says:

    Ok mkasih infonya pak ….semakin memantapkan hati dan pastinya bermanfaat amiiin yra

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s